Gubernur Jabar Imbau Mudik Lebaran Jangan Naik Motor

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengimbau kepada para pemudik jangan terlalu memaksakan diri untuk menggunakan sepeda motor saat mudik Lebaran. Apalagi jarak tempuh perjalanannya cukup jauh. Sebaiknya para pemudik menggunakan jasa angkutan umum atau melalui mudik bersama/massal.

"Sebaiknya bagi masyarakat yang akan mudik jauh, hendaknya menggunakan angkutan umum saja daripada menggunakan sepeda motor. Sebab menggunakan sepeda motor selain berisiko, juga dipastikan tidak nyaman. Padahal biayanya tidak akan jauh dengan menggunakan jasa angkutan umum. Atau bisa mudik dengan angkutan yang disediakan perusahaan atau instansi tempatnya bekerja," kata Heryawan kepada wartawan di Gedung Sate, Jln. Diponegoro Bandung.

Selain itu, katanya, potensi kecelakaan menggunakan sepeda motor cukup tinggi. Mayoritas kecelakan tertinggi selama mudik dan balik berasal dari pengendara sepeda motor. "Bukannya menakut-nakuti tetapi data menunjukkan angka kecelakaan tertinggi memang berasal dari pengendara sepeda motor. Jadi sekali lagi, jangan memaksakan naik motor untuk pulang kampung," tegasnya.

Kalau terpaksa, imbuhnya, silakan menggunakan sepeda motor asalkan penggunaannya sesuai dengan yang diperbolehkan. Seperti tidak membawa barang banyak atau membawa penumpang lebih dari satu orang.

Ia pun meminta perusahaan-perusahaan yang ada di Jabar untuk menyediakan jasa angkutan mudik bagi karyawannya. "Saya mengharapkan perusahaan-perusahaan di Jabar bisa ikut memfasilitasi pemudik, yakni karyawannya yang akan mudik Lebaran," harapnya.

Komentar