Awas, Lensa Kontak Bisa Bikin Mata Buta

Jika anda adalah pengguna lensa kontak, sebaiknya anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena penglihatan anda menjadi taruhannya.

Jangan beralasan karena sedang lelah sehingga anda bertindak ceroboh dengan membiarkan tangan yang kotor melepas lensa kontak. Pasalnya, hal tersebut dapat membahayakan kesehatan mata Anda.

Kebersihan lensa yang buruk akan menyebabkan berbagai penyakit mata kronis, termasuk di antaranya keratitis mikroba hingga infeksi kornea. Jika tidak diobati, maka dapat menyebabkan kerusakan visual yang permanen hingga kasus ekstrem seperti kebutaan.

Sebenarnya mata dapat melindungi dirinya sendiri terhadap benda asing melalui cairan penutup mengandung enzim pelindung saat berkedip sehingga mencegah apapun mencuat ke permukaan mata. Namun, udara dan mikroba dari air menembus pelindung sel pada kornea tersebut.

Pseudomonas bakteri mikroba merupakan penyebab keratitis yang paling umum, sedangkan yang paling berbahaya adalah acanthamoeba, yakni sebuah sel organisme yang ditemukan dalam air keran sehingga bisa membuat contact lens menjadi kotor.

Sebaiknya jangan menyimpan contact lens di kamar mandi karena itu bukan tempat penyimpanan yang baik. Anda pun harus selalu menggunakan pembersih khusus contact lens demi solusi steril perangkat tersebut. Tak hanya itu, menggunakan kembali contact lens lebih dari sebulan juga berbahaya. Pasalnya, celah-celah kecil yang muncul dalam plastik dari waktu ke waktu adalah tempat berkembang biak bakteri yang potensial.

Yang perlu diingat adalah, jagalah kebersihan tangan dengan mencucinya sebelum meletakkan atau mengambil contact lens. Kemudian simpanlah dengan benar dan jangan mengenakannya lebih dari jangka waktu yang ditentukan.

Sejumlah besar kasus kebutaan karena contact lens dapat dihindari jika seseorang menyisihkan waktu khusus untuk membersihkan dan menyimpan lensa dengan baik.

Komentar